Senin, 13 Agustus 2012

Cerita PL part 1

Praktik Lapangan atau yang biasa disebut dengan PL adalah suatu kewajiban yang harus dilakukan oleh mahasiswa semester 6, seperti saya, di Departemen Teknologi Hasil Perairan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Institut Pertanian Bogor. PL merupakan suatu mata kuliah yang bernilai 4 SKS dan masuk ke dalam kurikulum semester 7, namun untuk pelaksanaannya sendiri ada di liburan semester 6 menuju semester 7. Nama mata kuliah ini cukup keren sebenernya, Integrated Quality Assurance (IQA) tapi biasa disebut dg PL karena memang intinya adalah mahasiswa menjalankan praktek lapangan di dunia nyata dengan penerapan aplikasi2 ilmu yang telah diperoleh selama perkuliahan. S1 memang identik dengan teori2 mulu. Meskipun diprodi saya, THP, yang diplesetkan a.ka. Tiap Hari Praktikum memang banyak praktiknya juga, namun baru sebatas skala laboratorium saja. Kalaupun ada praktik lapangan ato fieldtrip ke perusahaan atau home industry, biasanya waktunya terlalu singkat untuk disebut praktik lapangan, lebih ke visit may be, hehe.

Nah, untuk tempat PLnya sendiri, mahasiswa diberikan kebebasan untuk mengambil tema dan tempat PL sendiri, tentu saja dengan berkonsultasi dengan dosen pembimbing yang telah ditentukan. Kadang pun, tema sudah terbayang, perusahaan yang diinginkan untuk dituju belum di tangan. Tidak mudah ternyata untuk mencari tempat PL. Ada sebagian teman2 saya yang nasibnya di-PHP-in sama perusahaannya alias digantungin gitu. Perusahaan seolah2 menjadi PHP (Pemberi Harapan Palsu) dengan bilang, "ya nanti saya akan kabari bagaimana keputusannya". Namun, setelah ditungu2, telp yang dijanjikan tak kunjung datang. Sewaktu ditelpon balik jawabannya mengagetkan, "Maaf, perusahaan kami tidak berproduksi karena kurangnya pasokan bahan baku", atau "Maaf, untuk tahun ini perusahaan kami tidak menerima mahasiswa magang". Nah lo? kalo udah kaya gitu lantas gimana? Ya udah, buru2 cari yang lain. Ada teman saya yang berpengalaman sekali dengan hal ini *no mention,, haha ^^. Beruntungnya saya tidak mengalami nasib seperti itu. Meskipun sempet agak galau karena ditolak perusahaan yang sebenernya pengen banget saya tuju. Itu juga awalya iseng aja coba apply, tapi ternyata ditolak. Tapi emang dari awal udah dapet perusahaan, jadi agak santai meskipun ditolak, hehe.

Berawal dari iseng2 aja sebenarnya. Ada temen2 yg mau ngisi form PL buat diserahin ke TU. terus saya nanya perusahaannya dimana, gimana, bergerak di bidang apa, produknya apa aja, dan yang paling penting GEDE ga? ya udah ikut aja minta ditulisin nama juga, ternyata perusahaan yang menjadi tujuan PL-ku adalah perusahaan yang waktu itu disinggahi sewaktu fieldtrip Jawa-Bali di akhir semester 5 dan saya tidak ikut waktu itu.


Apa coba nama perusahaannya? dimana? perusahaan apa sebenernya ntu? mau tw aja apa mau tau banget? haha ^^. Perusahaan tersebut adalah PT Istana Cipta Sembada (ICS), Banyuwangi, Jawa Timur.



PT Istana Cipta Sembada merupakan perusahaan swasta nasional yang berbentuk Perusahaan Menengah Dalam Negeri (PDMM) dan bergerak di bidang pembekuan udang yang terletak di Desa Laban Asem, Kecamatan Kabat, Banyuwangi, Jawa Timur. Perusahaan ini bersifat korporasi (gabungan beberapa perusahaan) yang dinamai ICS Group, dengan kantor pusatnya berada di Surabaya. Luas wilayah PT Istana Cipta Sembada sebesar 1750,05 m2 dan berada ± 40 m dari Jalan Raya Kecamatan Laban Asem member kemudahan perusahaan dalam mentransportasi produknya dan karyawan juga lebih mudah dalam mengakses perusahaan.

Produk-produk yang yang dihasilkan oleh perusahaan ini adalah udang beku berbagai bentuk, yaitu:  headless, peeled tail on, peeled and deveined, peeled undeveined, peeled tail on butterfly, peeled tail on stretched, dan peeled and deveined STPP. Perusahaan ini  melakukan ekspor udang beku ke Jepang, Eropa, dan Amerika Serikat. Selain memproduksi udang, perusahaan ini pun memproduksi gurita beku. Namun, pengolahan gurita beku ini tidak sebanyak komoditas udang untuk setiap harinya, tergantung pasokan bahan baku yang tersedia. Bahan baku udang diperoleh dari supplier, pos-pos penampungan di daerah Gresik dan Lamongan, serta udang hasil panen tambak di daerah sekitar Banyuwangi, Situbondo, Bali, NTB, NTT, dan Kalimantan.


Segitu dulu tentang PLnya. Abis ini ganti halaman buat ceritain gimana disananya. semoga bermanfaat ^^

2 komentar: