Senin, 13 Agustus 2012

Cerita PL part 2

Tempat PL-ku terletak di daerah Banyuwangi. Saya menempuhnya dengan jalur darat dengan menggunakan KA. Mutiara Timur Pagi yang berangkat dari Stasiun Gubeng Baru, Surabaya, Jawa Timur. Saya berangkat dari Surabaya sekitar pukul 09.00 WIB bersama dengan teman2 saya, yaitu Lukman, Rasta, Yudha, dan Dika. Well, semua cowok dan saya adalah satu2nya cewek di rombongan ini. Mereka ber-4 sebelumnya berangkat dari Bogor. Rute yang saya lewati adalah Lamongan-Surabaya-Rogojampi (Banyuwangi), berbeda dengan keempat teman2 saya, yaitu Bogor-Jakarta-Surabaya-Rogojampi (Banyuwangi). kami berangkat ke Banyuwangi tanggal 14 Juli 2012. Perjalanan Surabaya-Rogojampi memakan waktu sekitar 7 jam. Tracknya cukup panjang,indah, dan mendebarkan. Kami harus melewati terowongan2 yang gelap dan juga rel di atas jurang. Perjalanan tak terasa singkat juga meskpun kami sudah terlelap tidur sepanjang perjalanan.

Perjalanan ini terasa menyenangkan karena ini adalah pengalaman pertama kami untuk pergi ke Banyuwangi menggunakan kereta. Kereta yang kami gunakan merupakan kereta kelas bisnis yang di belakangnya diikuti dengan gerbong kereta eksekutif. Kami mendapat tempat duduk di gerbong pertama dengan nomor kursi 2B(Dika), 2C(Lukman), 2D(Yudha), 3A(Saya a.k.a Viviq), dan 3B(Rasta).

Sepanjang perjalanan yang kami lakukan adalah: Rasta: Sibuk dengan Ipodnya, Yudha: dengerin musik dari HP dan sesekali ol pake tab, Lukman: Sibuk dg BB-nya, entah ol ato ngapain, Dika: Sibuk dengan handycamnya buat ngerekam penampakan2 di terowongan dan kengerian jurang di bawah rel, kalo aq sih paling sms-an, ol, makan, haha. Selebihnya mah kita kompak. Yupz, tidur. Fenomena yang kami lewati juga adalah area lumpur lapindo di samping rel yang kami lewati. Di dalam kereta pun penuh dengan bule2 yag kayanya mau ke bali karena akhir tujuan dari kereta kami adalah ketapang. Ketapang adalah pelabuhan penyebrangan menuju Pulau Dewata, Bali.

Kurang lebih 7 jam sudah perjalanan darat yang kami tempuh. Kami pun sampai di Stasiun Rogojampi. Dijemput Wiwid dengan baju merah menyala yang ga akan membuat kami nyari2 lagi dimana wiwid meskipun udah turun 15 Kg yang tidak berbeda nyata,, hahaha,, *piiiis wiiid.. wiwid adalah teman kami juga, tapi dia sudah sampai lebih dulu dari pada kami. karena rumahnya memang dekat dengan Banyuwangi. Tepatnya adalah di Kota Jember. Kota ter-ngunduh mantu 2012,, haha *kata lukman loh ini wiiid.. bukan gue. Oke, back to Rogojampi. Kita ga hanya dijemput sama wiwid, tapi juga dijemput oleh pegawai ICS yang rumahnya akan menjadi tempat kos kami, namanya Pak Wandi. Pak Wandi ini adalah Security di ICS. orangnya sangat baik dan ramah, istri dan keluarganya pun sama baiknya.

*Sebenernya ada foto bapak dan ibu wandi, tapi edisi fotonya itu pas qt pulang, jadi masih ada di kamera lukman. Belum sempet mindahin.

Dari stasiun, kita ber-5 naik angkutan umum yang udah dirental. Sekitar 15 menit, kamipun sampai di tempat kos. Rasanya sangat lega dan capek. Kita semua satu kos, cuma ya pasti beda kamarlah.. Aku sekamar dengan wiwid, Lukman sama Dika sebelah kamarq, terus Yudha sama Rasta depan kamar Dika-Lukman.

Beristirahat dengan tenang malam itu setelah menikmati nasi tempong khas Banyuwangi,, *horor jg ni kata2, beristirahat dengan tenang a.k.a tidur. Siap menyambut esok di pagi yang cerah, hari pertama kerja.

Hari pertama berangkat bareng Qorina, teman baru kami dari Universitas Brawijaya-Malang. dia udah mulai kerja lebih awal dari kami. Awal liat Qorina berangkat kerja pake make up. jadi mikir,, wah.. jangan2 gitu ya kalo orang2 kerja gitu,, hihihi. Sampai di depan pabrik, kami sempatkan untuk sarapan dulu.

Sarapan pertama kami adalah nasi pecel dengan lauk telur dadar dan tempe goreng seharga 5 ribu rupiah. Cap cus abis itu masuk ke pabrik. Qorina ijin duluan, karena takut telat. Jadi udah ga bareng kita lagi.

sampe di pabrik, kita menuju kantor. Pertama kita disuruh menunggu di ruang tunggu. Terus abis itu di suruh masuk ke meeting room gitu, kalo ga mutiara ya berlian room namanya. Terus kita dipindah lagi ke tempat meeting di sbelahnya. Kami mendapat pengarahan seputar masalah operasional, teknis, serta mekanisme kerja di dalam ruang proses. Disitu kami pun disambut. Tidak hanya kami yang berada di ruangan tersebut, tapi juga ada adik2 SMK Wongsorejo yang akan magang disana juga, tapi mereka selama 4 bulan.

Ini suasana di ruang meeting pertama sebelum dipindah. Dari ki-ka: Rasta, Yudha, Aq (Viviq)

Dari kiri ke kanan ada wiwid, Lukman, dan Dika

Acara penyambutannya bareng anak2 SMK yang tadi itu. Acara dibuka oleh Pak Syahroni, lupa apa jabatan beliau, hehe. Terus penjelasan teknis di lapangan oleh manajer Quality Assurance (QA): Bapak Sulis, dilanjutkan pengarahan kepribadian sosialisasi penilaian kehidupan sehari2 di lingkungan kerja maupun kos oleh Manajer HRD: Bapak Jefri, dan yang terakhir dari orang HRD juga, namanya pak Doni.

Setelah acara penyambutan, kita dibagikan baju proses yang nantinya akan kita pakai setiap hari saat memasuki ruang proses dan mengikuti jalannya proses. Kita diajak keliling2 ruang proses dengan memakai baju proses tersebut. Bajunya mirip2 kaya ninja gitu, tertutup semua dan bercadar. Terus kita memakai Sepatu boot juga yang sudah kami bawadari rumah.

Baju Proses dan Topi Bercadar

Acara keliling2 ditemani oleh Pak Doni. Berkenalan pula dengan orang2 yang bekerja disana, ga semuanya juga sih. Karena pekerjanya sangat banyak. Setelah puas berkeliling2, kegiatan kami pun selesai untuk hari pertama. Pulang ke kosan setelah itu. Jalan kaki tentunya,, hehe ^^.